Semangat !!!

Seorang guru bertanya pada murid-muridnya, wahai muridku sekalian, apa yang membuat kalian bisa datang ke perguruan ini? Semua murid menjawab dengan serentak “ kami ingin pintar” sang guru merenung sejenak dengan jawaban muridnya. Lalu dengan keras dan lantang guru itu berkata kalian salah kalian bisa pintar dengan belajar buku, pengalaman, dan orang tua kalian, semua murid diam membisu. Lalu salah satu murid bertanya lagi, kalau demikian apa yang membuat saya bisa datang bertemu guru disini?Sang gurupun menjawab, wahai sekalian muridku kedatangan kalian ketempat ini karena “ semangat!. Semangat..yach..kata-kata yang singkat padat dan penuh arti, dari sekian rumus orang yang sukses salah satunya adalah semangat, semangat dalam arti yang luas, semangat merubah diri, pemikiran, prilaku, spiritual dan lain-lain. Tanpa adanya semangat yang berkobar dalam jiwa dan pikiran maka kesuksesan sangat jauh bahkan hanya hisapan jempol semata.Kita sering mendengar ungkapan “ dengan semangat 45 kita satukan bangsa dan Negara dalam kesatuan republik Indonesia. “ ketika semangat hilang maka sebagian nafas kehidupanmu terbuang, lalu apa yang bisa dilakukan oleh orang yang tidak mempunyai sebuah semangat selain lemah dalam penantian yang tak berujung ” Kenapa harus semangat? Ibarat pesawat terbang daya dorong yang tinggi dan bisa terbang bebas diangkasa dibutuhkan semangat kuat, seseorang yang hanya berjalan tanpa ada daya dorong berupa semangat maka segala sesuatunya mengalami kegagalan. Bagaimana mungkin kita bisa meraih kesuksesan yang luar biasa tanpa dibantu dengan semangat yang luar biasa juga. Semangat disini memperbaiki mental dan pikiran agar tumbuh yang disebut dengan tekad karena dibalik tekad yang kuat muncul semangat yang kuat. Kekuatan semangat yang kuat akan menimbulkan api yang panas dalam aliran darah dengan demikian kita membakar kemalasan, karena lawan dari semangat adalah kemalasan mental dan pikiran.Ada sebuah contoh yang mungkin kita bisa jadikan renungan, ada tiga orang laki-laki pendaki gunung laki-laki yang pertama mempunyai semangat dalam pembicaraan, dia selalu berkata sama temannya saya akan taklukan gunung itu. Laki-laki yang kedua mempunyai semangat pada gerak tubuhnya dan dia pun berkata dengan latihan terus saya juga mampu menaklukan gunung tersebut. Sedangkan laki-laki yang ketiga hanya diam dan memperbaiki kwalitas semangat dalam pikiranya sambil terus berlatih segala teknik dalam pendakian. Tibalah saatnya ketiga laki-laki ini berangkat mendaki gunung dalam pendakian yang terjal laki-laki pertama kelelahan diapun beristirahat, lalu dia pun berkata “ aku tidak sanggup lagi untuk mendaki gunung ini ”. Laki-laki yang kedua dengan tubuhnya yang bugar mendapat rintangan dimana pikiranya tidak dilatih diapun terus berpikir bahwa puncak gunung itu masih sangat jauh dan jauh..akhirnya di pertengahan gunung kebugaran tubuhnya menurun diapun mengalah.
Laki-laki yang ketiga secara mental dan pikiran terlatih untuk semangat, tubuh boleh lelah tapi semangat dalam pikiran dan mental tidak boleh hilang akhirnya laki-laki ketiga sampai juga kepuncak gunung tersebut. Untuk meraih sukses yang luar bisa dibutuhkan semangat yang meliputi ketiga unsur yaitu body mind and soul. Mulailah dengan memperbaiki kwalitas semangat pada pikiran, bila anda adalah sales selalulah berpikir semangat untuk menjadi pemenang dalam penjualan.
Atau apabila anda mau mengejar target jabatan tertentu mulailah semangat dari pikiran apakah harus kuliah lagi, atau memperbaiki kinerja anda sehingga di promosikan dalam jabatan tertentu. Kesuksesan adalah sebuah proses diantara proses tersebut adalah semangat anda dalam memandang hidup dan arti sebuah perjuangan untuk menuju menjadi pemenang. Semangat..semangat..dan semangat!!
c@H BAGOL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar